Edisi Siap Nikah #1 : Tugas Suami

Leave a Comment
Rumah Tangga Islami

Alhamdulillah, nambah ilmu lagi. Hari ini buka-buka beranda FB, ada tautan yang cukup menarik dari seorang teman. Tentang kehidupan berumah tangga. Ya, tentang kewajiban sumai dan istri dalam mengarungi bahtera rumah tangga. Saya share di sini semoga memberikan manfaat bagi sahabat-sahabat sekalian, baik yang belum; akan; atau yang sudah berumah tangga.

Tugas Suami #1
1. Memenuhi Kebutuhannya.

Suami harus memenuhi kebutuhan istri (sandang, papan, pakaian,dll) sesuai dengan kesanggupannya. Dia harus dapat bertanggung jawab dengan usahanya sendiri.

Tugas Suami #2

2. Melindunginya

Suami haruslah dapat melindungi istri dari bahaya!
Baik dalam bentuk fisik, maupun psikis. Seorang istri harus merasa aman dalam perlindungan suaminya.

Tugas Suami #3
3. Sabar Terhadapnya

Suami harus dapat sabar menghadapi dinamika rumah tangga. Jika ia melihat pada istrinya sesuatu yang tidak disukainya, maka sang suami dapat memberi tahukan kepada istrinya dengan cara bijaksana. Jika ia melihat kekurangan istrinya, ingatlah akan kelebihan-kelebihannya yang engkau lihat pada dirinya. Seorang lelaki beriman, haruslah menyayangi istrinya, apalagi jika sang istri adalah wanita beriman.

Tugas Suami #4
4. Mengajarinya

Suami haruslah mengajari istri dasar-dasar dari agama ini. Jika sang suami tidak mampu melakukannya sendiri, maka setidaknya siapkanlah sarana-sarana yang mendukung istri untuk belajar. Dia tak boleh melihat istrinya sebagai beban, namun jadikanlah partner utk menggapai surga bersama. Hal ini sangat penting, sebab nantinya sang istri lah yang utamanya akan mendidik anak.

Tugas Suami #5
5. Mengajak Pada Kebaikan

Sang suami, harus dapat mengajak istrinya sigap dalam ketaatan. Dia juga harus mengingatkan istrinya agar melakukan yang ma'ruf dan mengajarkan akhlak yang baik.

Tugas Suami #6
6. Berwibawa

Suami harus dapat melindungi istrinya dari perbuatan tercela (gosip, kemalasan, dll). Dia harus tahu bagaimana bersikap tegas ketika menghadapi perilaku yang dapat merusak kehidupan mereka sebagai pasangan.


Tugas Suami #7
7. Tersedia Untuknya

Suami harus siap mengusahakan menemani istrinya dikala sang istri ingin keluar. Contohnya saat sang istri ingin mengunjungi orang tuanya, mengunjungi tetangga, ataupun pergi kajian. Jadilah suami yang perhatian terhadap istri.


Tugas Suami #8
8. Berakhlak Baik Terhadapnya

Suami harus berperilaku lembut dan santun terhadap istrinya. Berkata yang baik, dan berperilaku sopan.
Janganlah menjadi kucing dihadapan teman-teman, sedangkan menjadi singa terhadap keluarga dan istrinya. Baik di luar, kasar di dalam. Juga, suami hendaklah membantu istri dalam pekerjaan rumahnya. Karena hal itu lebih mendekati sunnah.

Tugas Suami #9
9. Menjaga Kehormatannya

Seorang suami HARUS merahasiakan soal hal-hal pribadi dari istrinya kepada teman ataupun kerabat. Jalinlah kepercayaanmu terhadap istri. Seperti layaknya istri ingin menjaga kehormatan suaminya, begitupun suami terhadap istri.

Tugas Suami #10
10. Menanyakan Pendapatnya

Suami juga jangan ragu atau malu menanyakan pendapat kepada istrinya soal hal-hal sehari-hari terutama hal-hal penting.
Mungkin saja ia memiliki saran yang bagus, atau pandagan berbeda terhadap sesuatu yang bisa meluaskan cara berpikir anda. Anda juga dapat menunjukkan, betapa berharganya ia, dan membuatnya dianggap penting dalam kehidupan anda.


رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا
Rabbana hablana min azwajina wa dzurriyyatina qurrata a’yun waj’alna lilmuttaqina imama

“Wahai Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al-Furqan: 74)
Next PostNewer Post Previous PostOlder Post Home

Post Comment

0 comments:

Post a Comment

Translate